5 Cara Alami Cegah Flu
sumber gambar : http://kuliahdesain.com/dp-bbm-sakit-flu/

Musim hujan membuat  tubuh kita lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Apalagi musim pancaroba seperti sekarang ini, membuat tubuh jadi tidak fit akibat daya tahan tubuh menurun akibat perbedaan cuaca yang sangat ekstrem.  Penyakit yang biasanya menyerang saat musim seperti ini adalah influenza, atau lebih dikenal dengan flu saja. Sayangnya, penyakit flu kerap diremehkan oleh banyak orang. Padahal flu yang dibiarkan akan berakibat fatal dan pastinya mengganggu aktivitas sehari-hari kita bukan.
Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Berikut ini merupakan cara alami mencegah flu di musim pancaroba :

1.  Mencuci tangan
Salah satu cara untuk mencegah flu adalah dengan rajin mencuci tangan. Seperti diketahui 80% infeksi ditularkan melalui kontak, seperti bersin, batuk atau menyentuh permukaan yang telah terkena bersin atau batuk dari orang yang sedang terkena flu. Dianjurkan untuk mencuci tangan kita  sebelum makan, minum atau menyentuh wajah dan sebaiknya menggunakan sabun. Selain itu, jangan lupa membersihkan permukaan yang biasa menjadi sarang penyakit, seperti kamar mandi, telepon, komputer, pegangan pintu kulkas dan pegangan tangga. 

2.  Tidur cukup
Saat tidur  tubuh kita akan  bekerja memperbaki sel tubuh. Dianjurkan tidur selama 7-9 jam, karena pada saat itu tubuh kita akan memperbaiki serta menyembuhkan dirinya sendiri dan menangkal infeksi.
Jika kita tidak mendapat tidur yang cukup, sistem tersebut tidak bekerja dengan maksimal dan kita berada dalam penurunan yang stabil dari waktu ke waktu.

3.  Berolahraga
Berolahraga akan membantu memompa darah kita secara teratur. Dianjurkan melakukan olahraga selama satu jam sehari. Olahraga bahkan bisa dalam bentuk jalan kaki di kantor, naik turun tangga, pergi dan pulang kerja dengan bersepeda dan tentunya tidak harus terus menerus, bisa divariasikan. Yang terpenting tubuh kita bergerak dan mengeluarkan keringat.

4.  Konsumsi makanan yang mengandung zinc
Mengkonsumsi nutrisi dan mineral dalam jumlah yang cukup menjadikan tubuh kita dalam kondisi optimal melawan flu. Dapat dilakukan dengan  meninggalkan makanan berlemak dan banyak mengandung gula. Sebaiknya konsumsi lebih banyak sayur, buah, dan makanan yang mengandung protein tanpa lemak.
Sementara itu salah satu nutrisi yang bisa diandalkan saat musim hujan untuk mencegah penyakit flu adalah zinc. Makanan yang mengandung zinc antara lain tiram dan gandum.

5.  Konsumsi bawang
Bawang memiliki senyawa allicin yang memililki efek anti-mikroba. Senyawa ini diketahui mampu melawan bakteri dan virus tertentu.
Nah itulah kiat khusus untuk mencegah penyakit flu. Semoga kita selalu sehat dan segar yah….

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top