Buah alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaatnya bagi tubuh manusia, khususnya untuk kulit kita. Alpukat kaya akan  vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk tubuh. Seperti glutation, asam oleat, kalium, quersetin, klorofil, polifenol, mangan, . Glutation dan asam oleat yang merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, sehingga wajah atau kulit kita selalu terlihat lebih awet muda karena kerutan, flek hitam, yang merupakan gejala awal penuaan tersamarkan. Mineral seperti kalium yang terkandung dalam alpukat berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas sehingga bersama dengan antioksidan berguna untuk melawan efek penuaan pada kulit. Senyawa quersetin juga bersifat sebagai antioksidan, antibiotic, dan antivirus yang bermanfaat untuk mengobati alergi sehingga wajah akan terbebas dari jerawat. Mineral seperti mangan berpadu dengan vitamin C, E, zat besi dan kalium di dalam buah apukat baik untuk menjaga kesehatan kulit, sehingga kulit tetap lembab, bersih dan berseri, serta merangsang jaringan kolagen sehingga kulit akan selalu terlihat mulus. Kandungan polifenol yang terdapat dalam alpukat juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Buah alpukat tadi dapat dimanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kita, sehingga dapat terhindar dari kerutan, flek hitam, jerawat, kulit kasar, warna kulit tidak merata serta masalah kulit lainnya. Alpukat dapat diolah menjadi berbagai macam produk untuk merawat kecantikan kulit kita seperti dibuat menjadi pelembab, pembersih wajah, masker dan untuk melembutkan atau scrub. Nah untuk masing-masing olahan akan dibahas sebagai berikut:

Pelembab: bagian dalam kulit alpukat digosokkan secara lembut ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit kemudian basuh wajah menggunakan air dingin.

Pembersih: lumatkan ½ buah alpukat matangdan campur dengan 1 butir kuning telur dan ½ cangkir susu lalu diaduk secara merata. Campuran tadi dapat digunakan sebagai susu pembersih.

Melembutkan : campur ¼ buah alpukat, 1 butir putih telur, 1 sendok makan perasan lemon, dan 2 sendok makan oatmeal kemudian diaduk secara merata dan benar-benar halus. Kemudian oleskan pada wajah dan leher dan diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Masker wajah untuk kulit kering: tambahkan 1 sendok the madu ke dalam  buah alpukat yang telah dihaluskan. Kemudian campur rata dan oleskan ke wajah dan leher. Pijat secara perlahan kemudian diamkan 15 menit. Bilas bersih dengan air hangat.

Masker wajah untuk kulit norma dan berminyak: tambahkan 1 sendok the jus lemon ke dalam buah alpukat yang telah dihaluskan kemudian campur rata. Oleskan masker ke wajah dan leher sambil dipijat perlahan, kemudian diamkan 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top