Khasiat Buah Belimbing, tentu saja kita semua mengenal jenis buah-buahan yang satu ini, yaitu buah belimbing. Biasanya kita menemukan buah belimbing dalam campuran rujak. Buah belimbing sangat enak dikonsumsi apabila sedang cuaca panas dan terik. Buah belimbing mempunyai nama latin Averrhoa Carambola, dan juga kadang-kadang disebut juga sebutan “star fruit”. Ini karena bentuk buah belimbing apabila dipotong secara horisontal tampak seperti bintang.

Buah belimbing berasal dari India dan juga Srilangka, buah ini tidak hanya dibudidayakan di sekitar daerah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand, namun buah belimbing juga dibudidayakan di wilayah negara-negara yang beriklim sub tropis lainnya seperti Amerika dan juga Australia. Buah ini dapat berbunga sepanjang tahun, dan dipanen tiga kali dalam setahun. Selain itu terdapat juga belimbung sayur atau belimbing wuluh (Averhoa Bilimbi).

Selain rasanya yang nikmat, khasiat buah belimbing akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsinya, dan itu semua dilihat dari kandungan gizi dalam buah belimbing seperti, protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, kalsium, sodium, seng, asam pantotenat, besi, tembaga gula, serat folat, kalori, magnesium, fosfor, natrium dan juga niacin.

Dan kandungan-kandungan tersebut lah yang memberikan khasiat buah belimbing yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.
Lalu apa saja sebenarnya khasiat buah belimbing tersebut? Berikut adalah khasiat buah belimbing yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita :

Mengurangi Kolesterol
khasiat buah belimbing sangat baik untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita, ini karena buah belimbing mengandung zat pektin, zat tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Selain itu, khasiat buah belimbing juga sangat baik untuk mencegah penyakit hepatitis.

Mencegah Penyakit Kanker
khasiat buah belimbing sangat baik untuk mencegah penyakit kanker, ini karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam buah belimbing, dipercaya dapat mengobati penyakit kanker.

Mengobati Hipertensi
khasiat buah belimbing dapat membantu untuk mengobati Hipertensi, ini karena buah belimbing memiliki kandungan kadar kalium yang cukup tinggi serta natrium yang cukup rendah, dan dipercaya dapat menjadi obat penyakit hipertensi.

Melancarkan Proses Pencernaan
khasiat buah belimbing dapat membantu untuk melancarkan proses pencernaan tubuh kita, ini karena buah belimbing memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu proses pencernaan tubuh kita.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
khasiat buah belimbing sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, ini karena buah belimbing kaya akan kandungan vitamin khususnya vitamin A dan juga vitamin C. dalam kedua vitamin tersebut terdapat zat yang berfungsi sebagai antioksidan, dan hal tersebut dapat membantu tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit.

Selain khasiat buah belimbing yang tadi telah disebutkan, buah belimbing juga dapat dijadikan pengobatan herbal untuk mengobati kencing batu, mencegah infeksi mulut dan tenggorokan, mengobati penyakit malaria, mengatasi batuk pada anak-anak, mengobati jerawat dan juga mengobati penyakit cacar.
Khasiat buah belimbing tidak hanya kita dapatkan dari buahnya saja. Akar dari buah belimbing juga dipercaya dapat meredakan sakit kepala dan juga rematik. Kemudian daun dari buah belimbing berkhasiat untuk mengobati sakit maag, melancarkan air seni dan juga mengobati bisul. Selain itu apabila kita mengkonsumsi jus belimbing maka berkhasiat untuk menyegarkan tubuh kembali dari rasa lelah akibat beraktifitas.

Itulah tadi beberapa khasiat buah belimbing, ternyata buah belimbing selain memiliki rasa yang manis dan enak, kemudian juga harga yang terjangkau, buah belimbing juga memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Silahkan share / bagikan ke temen-temen ya, biar semakin banyak yang tahu dan tulisan ini menjadi lebih banyak bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top